Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza Serahkan Bantuan PKH Untuk Warga Kota

  • Illiza Serahkan Bantuan PKH Untuk Warga Kota
  •  

    Banda Aceh – 1.564 Ibu Rumah Tangga dari Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Banda Aceh mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan PKH langsung diserahkan Walikota Banda Aceh, HJ Illiza Sa’aduddin Djamal SE secara simbolis kepada 5 orang Ibu Rumah Tangga, Senin (18/4/2016) di Kantor POS Kuta Alam, Banda Aceh.

    Usai menyerahkan bantuan, Illiza mengatakan program tersebut merupakan program perlindungan sosial dari Pemerintah yang diarahkan untuk membantu rumah tangga/keluarga sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan anak-anaknya.

    “Tujuan kita untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Program ini juga berkaitan langsung dengan upaya mempercepat pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs),” ujar Illiza.

    Kata Illiza, dengan PKH secara khusus diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi peserta PKH, meningkatkan taraf pendidikan Peserta PKH, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil (bumil), ibu nifas, bawah lima tahun (balita) dan anak prasekolah anggota Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)/Keluarga Sangat Miskin (KSM).

    “Namun jumlah yang Ibu terima nanti beda-beda, karena jumlah bantuannnya tergantung dari jumlah anak yang dimiliki KSM. Misalnya KSM yang memiliki satu orang anak yang masih balita akan berbeda dengan KSM yang memiliki empat orang,” jelas Illiza.

    Illiza berharap, bantuan ini dapat digunakan sesuai untuk kebutuhan dari keluarga, seperti untuk kebutuhan gizi bayi dan balita maupun untuk kebutuhan keperluan sekolah.

    Data yang diperoleh dari Kepala Dinsosnaker Kota Banda Aceh, Fadhil S Sos MM, bantuan minimum yang bisa diterima KSM adalah Rp. 950.000 dan maksimum mencapai Rp. 9.200.000 dalam setahun. Kata Fadhil, bantuan disalurkan per triwulan dalam setahun. Untuk tahun 2016, bantuan PKH yang akan disalurkan untuk seluruh KSM di Banda Aceh mencapai Rp. 1.458.857.500. Bantuan PKH akan disalurkan selama 5 hari sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Dinsosnaker Kota Banda Aceh. 

    Berikut jadwal penyaluran PKH Kota Banda Aceh, triwulan pertama tahun 2016:

    -   Senin (18/4/2016), lokasi Kantor POS Kuta Alam, penerima KSM dari kecamatan Baiturrahman dan Jaya Baru, 

    -   Selasa (19/4/2016), lokasi Kantor POS Kuta Alam, penerima KSM dari Lueng Bata dan Meuraxa.

    -   Rabu (20/4/2016), lokasi Kantor POS Kuta Alam, penerima KSM dari Banda Raya dan Syiah Kuala.

    -   Kamis (21/4/2016), lokasi Kantor POS Kuta Alam, penerima KSM dari Kecamatan Ulee Kareng. 

    -   Jumat (22/4/2016), lokasi Kantor POS Kuta Alam, penerima dari kecamatan Kuta Alam dan Kuta Raja. (Mkk)