Daftar e-mail untuk info terbaru

Pemko Banda Aceh Peringati Hari Kanker Sedunia

  • Pemko Banda Aceh Peringati Hari Kanker Sedunia
  •  

    Banda Aceh - Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerjasama dengan BPJS Kesehatan menggelar Silaturahmi Komunitas Kanker Aceh yang dirangkai dengan Seminar Peringatan Hari Kanker Sedunia. Acara ini digelar di Aula Lantai IV, Balai Kota Banda Aceh, Kamis (4/2/2016).

    Pesertanya mayoritas terdiri dari kaum perempuan. Hadir pula Ketua TP PKK Banda Aceh Fauziah Zainal Arifin, Ketua DWP Buraida Bahagia, anggota DPRK Syarifah Munira, dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Rita Masyitah Ridwan

    Kadinkes Banda Aceh Media Yulizar saat membuka acara menyebutkan, peringatan hari Kanker Sedunia kali ini mengambil slogan “We Can I Can Fight Cancer”. “Slogan ini akan dipakai sampai dengan 2019 nanti. Harapan kita, para pengidap kanker terus berjuang dan tidak pernah menyerah.”

     

     

     

    “Kami berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti seminar ini dengan serius, dan selanjutnya menjadi pelopor gerakan sadar kanker di tengah-tengah masyarakat. Mari kita berbagi pengalaman maupun pengetahuan yang kita dapatkan hari ini kepada saudara-saudara kita yang lain,” ujarnya.

          

     

    Sementara sebagai pembicara dalam seminar, pihak panitia menghadirkan dr Noer Faisal Darmi SpB (K) Onk yang mengupas secara detil soal kanker payudara dan kanker leher rahim, dan dr Juwita Saragih SpKJ dengan materi seputar depresi dan pengaruhnya pada pengidap kanker. Dokter Juwita merupakan survivor kanker payudara sejak sembilan tahun lalu.

     

    Illiza Kukuhkan Atjeh Pink Care

    Di penghujung acara, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengukuhkan kepengurusan komunitas kanker payudara Aceh yang diprakarsai oleh Nur Aisyah dan kawan-kawan. Komunitas itu diberi nama Atjeh Pink Care.

     

    Dalam sambutan penutupnya, Illiza turut memberikan motivasi bagi para penderita penyakit yang muncul akibat kerusakan dan perubahan perilaku sel tersebut. “Setiap ujian yang diberikan Allah, tujuannya satu, agar kita naik kelas. Berpikir positif, dan dukungan dari orang-orang tercinta jadikan sebagai sumber kekuatan."

    “Hidup itu harus semangat, karena kita orang-orang pilihan yang diperhatikan oleh Allah. Punya penyakit beda artinya dengan ‘orang sakit’. Intinya kita harus selalu berpikir positif terutama kepada Sang Pencipta,” katanya sembari mengingatkan untuk menerapkan pola hidup sehat terutama menjaga pola makan.

    Di tempat yang sama, Ketua Atjeh Pink Care Nur Aisyah menuturkan, pada tahap awal pihaknya fokus pada penguatan komunitas kanker payudara. “Ke depan jika ada komunitas kanker lain yang ingin bergabung, pintu kantor sekretariat kami selalu terbuka. Tujuan utama kami agar kawan-kawan tetap semangat.”

    “Bila anggota komunitas telah memadai, maka akan kami arahkan untuk membentuk kepengurusan sendiri, dan kami nantinya akan bersinergi dengan komunitas kanker lainnya,” kata Aisyah seraya menyebutkan alamat Sekretariat Atjeh Pink Care di Jalan Dr T Syarief Nomor 31, Komplek Rumah Sakit Jiwa Aceh, Bandar Baru, Banda Aceh. (Jun)