Daftar e-mail untuk info terbaru

Rakornas Pengelolaan Sampah Bahas Tatacara Penilaian Adipura

  • Rakornas Pengelolaan Sampah Bahas Tatacara Penilaian Adipura
  •  

    Jakarta – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Senin (1/2/2016) mengikuti Rapat Koordinasi Pengelolaan Sampah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Selain Illiza, Rakornas pengelolaan sampah Nasional melalui program Adipura ini juga diikuti beberapa Bupati dan Walikota lainnya dari seluruh Indonesia.

    Pertemuan yang dibuka Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup RI membahas tentang tata cara penilaian, waktu penilaian, mekanisme, indikator dan tingkat pemberian penghargaan Adipura untuk Kota-kota di Indonesia.

    “Ada beberapa katagori Adipura, yakni Adipura Buana yang akan diberikan kepada Kota-kota yang layak huni, Adipura Kirana penghargaan yang diberikan kepada Kota-kota yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui lingkungan hidup. Dan Adipura Paripurna, penghargaan ini nantinya akan diberikan kepada Kota yang mempu mewujudkan Adipura Buana dan Adipura Kirana,” ungkap Illiza saat dihubungi melalui telepon selulernya.

    Katanya juga, Rakornas ini juga sebagai wadah menerima masukan dan saran, tidak hanya pada kinerja program adipura, namun juga dampak positif terhadap penerapan program Adipura tersebut.

    Dalam kesempatan ini, disampaikan juga kebijakan Nasional pengelolaan sampah karena tidak semua Kota di Indonesia mampu mengelola sampah dengan baik. Rakornas juga menekankan pengurangan sampah plastik terutama bagi Kota Metropolitan.

    “Jadi pengelolaan sampah sangat diharapkan dimulai dari rumah tangga yang dikelola dengan baik,” ujar Illiza.

    Dalam Rakornas ini juga digelar Diskusi Panel dengan pemateri, Direktur Pengelolaan Sampah KLH, Direktur Pemulihan Kerusakan Lahan Akses Terbuka KLH dan Direktur Pengendalaian Kebakaran Hutan dan Lahan KLH.(Mkk)