Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza: Pemuda Harus Ambil Peran Wujudkan Kota Madani

  • Illiza: Pemuda Harus Ambil Peran Wujudkan Kota Madani
  •  

    Banda Aceh - Pemuda harus mengambil peran untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani. Hal itu sejalan dengan salah satu visi Pemerintah Kota Banda Aceh yakni meningkatkan peran generasi muda sebagai kekuatan pembangunan kota.

    Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal saat meresmikan penggunaan Gedung Pemuda/KNPI Banda Aceh yang terletak di Jalan T Nyak Adam Kamil, Neusu Jaya, Baiturrahman, Jumat (29/1/2016).

    Menurut Illiza, pihaknya yang sedang berbenah mewujudkan cita-cita pembangunan yang berkelanjutan, sangat mengharapkan partisipasi aktif dari generasi muda. Ia pun mengajak para pemuda untuk senantiasa cerdas dalam membaca dan memanfaatkan peluang yang ada secara kreatif dalam rangka mengisi pembangunan kota. 

    Ia jmengapresiasi kepedulian pemuda dalam mengisi ruang pembangunan selama ini. “Semangat ini harus selalu dijaga dan diiringi dengan peningkatan kualitas partisipasi pemuda dalam setiap lembar perjalanan kota kita tercinta ini. Pemuda harus berada di garda terdepan dalam mewujudkan Kota Madani.”

    KNPI juga diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas diri sebagai mitra pemerintah khususnya  dalam sektor kepemudaan. “Pemko Banda Aceh berkomitmen untuk selalu mengajak dan melibatkan pemuda dalam mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan berkeadilan,” katanya.

    “Salah satu bukti kongkrit dukungan pemerintah adalah gedung pemuda yang baru selesai dibangun dan kita resmikan hari ini. Dengan gedung baru ini, hendaknya menjadi pemicu bagi pemuda dan KNPI dalam melaksanakan kerja-kerja perwujudan visi-misi organisasi kepemudaan,” sebut Illiza.

    Hal lainnya, wali kota mengharapkan peran pemuda untuk mengawal setiap tahapan pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah guna mewujudkan visi Model Kota Madani. “Sebagai langkah awal, mari kita hidupkan masjid dengan program Subuh berjamaah yang bisa kita mulai dari satu Masjid sebagai pilot project.”

    Mengakhiri sambutannya, Illiza mengatakan Kota Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi harus bisa menjadi role model dalam setiap bidang bagi daerah lain. “Untuk itu, semua pihak terutama pemuda harus mengambil bagian dalam pembangunan, demi Banda Aceh yang lebih baik di masa mendatang.”
     

    Sementara Ketua DPD KNPI Banda Aceh Hasnanda Putra dalam sambutan singkatnya menyampaikan Gedung Pemuda ini merupakan buah perjuangan panjang KNPI Banda Aceh. “Alhamdulillah di masa akhir kepengurusan kami, gedung ini rampung dan dapat dimanfaatkan oleh pemuda.”

    “Misi terakhir Pemko Banda Aceh dibuktikan dengang adanya gedung ini. Jadikan gedung ini sebagai tempat lahirnya kader-kader pemimpin ke depan, dan mampu juga melahirkan Satgas-Satgas yang senantiasa menjaga Kota Banda Aceh tercinta,” katanya.

    Acara sore tadi dirangkai dengan peringatan maulid nabi dan penyerahan santunan bagi puluhan anak yatim. Santunan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Illiza dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin serta Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah.

    Selanjutnya digelar prosesi peusijuek gedung baru yang dipimpin oleh Ketua MAA Banda Aceh Sanusi Husen. Pada penghujung acara, Illiza menandatangani plakat gedung dan memotong pita di pintu masuk Gedung Pemuda. Wali kota dan rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau ke dalam ruangan gedung. (Jun)