Daftar e-mail untuk info terbaru

Kepala BPS Serahkan Laporan PBDT 2015 Kepada Walikota

  • Kepala BPS Serahkan Laporan PBDT 2015 Kepada Walikota
  •  

    Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh telah menyelesaikan kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015. Data yang diperbarui BPS pada Juli-Agustus 2015 lalu itu berupa jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima manfaat beragam program bantuan dari pemerintah.

    Laporan kegiatan BPDT 2015 tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Banda Aceh Surya Adi Taufik kepada Pemko Banda Aceh yang diterima langsung oleh Wali Kota Illiza Sa’aduddin Djamal, Rabu (20/1/2016) di ruang kerjanya.

    Menurut Surya, data yang diperbarui BPS bersumber dari data RTS yang dikirimkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Data ini nantinya akan dimanfaatkan oleh TNP2K untuk penyaluran bantuan Raskin, dan program-program pemerintah di bidang kesehatan seperti bantuan kepada penyandang disabilitas.”

    Dalam proses pemutakhiran data RTS di Banda Aceh, jelas Surya, pihaknya melakukan verifikasi awal terhadap data sebelumnya dari TNP2K dengan forum gampong. “Dari forum yang terdiri dari aparatur gampong dan tokoh masyarakat kita dapati angka RTS sebanyak 14.400 lebih.”

    “Selanjutnya kita turun langsung ke lapangan dengan mendatangi rumah tangga-rumah tangga sasaran, dan ternyata dari angka awal ada yang sudah pindah maupun meninggal dunia. Akhirnya kita dapati angka final 12.200 RTS di dalam wilayah Kota Banda Aceh,” pungkas Surya. (Jun)