Daftar e-mail untuk info terbaru

Buka Porseni Kankemenag, Illiza : Olahraga Bentuk Daya Saing dan Ketahanan Bangsa

  • Buka Porseni Kankemenag, Illiza : Olahraga Bentuk Daya Saing dan Ketahanan Bangsa
  •  

    Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, mengungkapkan bahwa olahraga mampu membentuk jiwa dan fisik yang sehat dan membentuk karakter manusia yang mengandung nilai strategik untuk membentuk keunggulan daya saing dan ketahanan suatu bangsa.

    Hal ini disampaikan Illiza, Selasa (15/12/2015) saat membuka Pekan Olah raga dan Seni (Porseni) XV Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh di MAN Model, Banda Aceh.

    Sedangkan seni, menurut Illiza adalah untuk membangun keindahan hidup yang energik, berkualitas dan ber-akhlaqul karimah dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat sesama manusia.

    Menurut Illiza juga, olahraga mempunyai sifat mempersatukan, sebab dalam olahraga akan membuat olahragawan kembali kedalam fitrah semula, meninggalkan status, profesi dan mengandalkan kemampuan selaku manusia.

    “Suatu pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan, namun ditentukan pula oleh nasib dan keberuntungan. Sebab tak ada yang bisa memastikan, apabila dihadapkan pada kemampuan dan peluang yang sama. Itulah menariknya olahraga,” ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut,  Illiza selaku Walikota Banda Aceh menyambut baik dan memberikan apresiasi dengan dilaksanakan porseni XV Tingkat Kota Banda Aceh. “Karena PORSENI merupakan bagian dari pembangunan bangsa yang tidak bisa kita lupakan,” ujarnya.

    Illiza berharap, pelaksanaan PORSENI ini hendaknya dapat mendorong tumbuhnya pelajar-pelajar Banda Aceh, yang tidak hanya bertakwa dan berakhlak mulia, namun juga andal dan tangkas, cekatan dan cerdas. Dan membentuk para pelajar yang kuat dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

    “Selain sebagai uji prestasi, juga hendaknya dapat dijadikan sebagai wadah silaturrahim. Tidak hanya bagi peserta, namun juga bagi para guru dan seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Kebersamaan, yang akan kita rasakan dalam beberapa hari ini, hendaknya dapat menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik dan berguna, bagi orang-orang di sekitar kita, agama, dan bangsa ini, tutup Illiza.

    Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Banda Aceh, Drs H Amiruddin MA mengatakan Poerseni merupakan agenda dua tahunan Kementerian Agama Provinsi Aceh, dan hanya ada di Aceh. Kegiatan ini secara umum mempertandingkan dari dua cabang, yakni cabang olahraga dan seni.

    “Pesertanya terdiri dari siswa dan siswi madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA),” ujar Amiruddin.

    Tujuannya, lanjut Amiruddin, selain sebagai ajang silaturrhami Porseni diadakan sebagai ajang pencarian dan pengembangan bakat para siswa dibidang olahraga dan seni.

    “Nantinya kita akan pilih yang terbaik untuk mewakili Banda Aceh ke Porseni tingkat Provinsi Aceh,” ungkap Amiruddin.

     Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 19 Desember yang dipusatkan di komplek MAN Model Banda Aceh.

    Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya Ateltik, Bola Volly, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Sepakbola. Sedangkan cabang seni, diperlombakan Nasyid Rebana, Tahfidz, MTQ Kaligrafi, Syarhil Qur’an, Azan, Qiraatul Qutub, Fahmul Qur’an, Cipta Puisi, Debat Ilmiah Keislaman, Asmaul Husna, Cerdas Cermat, Pidato Tiga Bahasa dan Expo Madrasah.

    Kegiatan yang ini diikuti 1650 peserta dari berbagai tingkatan ini memperebutkan 243 medali dan piala bergilir. (Mkk)