Daftar e-mail untuk info terbaru

Pemko Banda Aceh Akan Wisuda 100 Penghafal Al-Quran

  • Pemko Banda Aceh Akan Wisuda 100 Penghafal Al-Quran
  •  

    Banda Aceh - Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para penghafal Al-Quran di Kota Banda Aceh, dan memotivasi masyarakat untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, Pemerintah Kota Banda Aceh akan menggelar wisuda akbar Tahfizhul Quran.

     

    Waktu dan lokasi acara pun telah ditentukan, yakni pada Kamis (10/12) lusa di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Banda Aceh. Direncanakan, ada sekitar 100 penghafal Al-Quran yang akan diwisuda.

     

    Untuk lebih menyemarakkan suasana, Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh selaku penyelenggara akan menghadirkan pimpinan pondok pesantren Daarul Quran Ustaz Yusuf Mansur. Menariknya lagi, juga akan hadir Imam Besar Masjid Islamic Center New York, Amerika Serikat, Shamsi Ali.

     

    Menurut Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE, selain sebagai bentuk penghargaan kepada para hafiz-hafizah, ajang ini juga untuk memacu semangat para orangtua untuk menjadikan anak-anak mereka sebagai penghafal Al-Quran.

     

    Selama ini, ungkap Illiza, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan bagi hafiz-hafizah Kota Banda Aceh. “Dalam beberapa tahun terakhir, Pemko Banda Aceh telah memberikan beasiswa penuh bagi penghafal Al-Quran yang ditempatkan di Pesantren Darut Tahfidz Al-Ikhlas,” katanya.

     

    “Alhamdulillah, anak-anak kita tersebut sudah ada yang menghafal 5 dan 10 Juz, dan ke depan kita harapkan akan banyak lagi anak-anak Banda Aceh yang mampu menghafal kalam Ilahi dengan baik dan benar,” kata Illiza seraya mengutarakan pada hari yang sama pihaknya juga akan meluncurkan program Banda Aceh Menghafal “One Day One Ayat”.

     

    Kepala DSI Kota Banda Aceh Mairul Hazami SE MSi, menambahkan, sebelumnya pada 1 November 2015 lalu, pihaknya telah mengadakan uji kelancaran hafalan Al-Quran terhadap 100 orang peserta. “Rinciannya, 26 peserta dari kategori 5 juz, 38 peserta 10 juz, 5 peserta untuk hafalan 20 juz, dan 31 peserta dari kategori 30 juz.”

     

    “Bagi seluruh hafiz dan hafizah yang sudah dinyatakan lulus, agar pada hari H nanti dapat datang ke lokasi wisuda dengan jubah dan peci putih bagi laki-laki, dan jubah plus jilbab putih bagi perempuan,” sebutnya.

     

    Hal lainnya, sebut Mairul, bagi lulusan terbaik dengan indikator hafalan Al-Quran paling lancar dan paling bagus iramanya, akan tampil pada saat acara wisuda dan akan dites langsung oleh Ustaz Yusuf Mansur beserta Wali Kota Banda Aceh. (Jun)