Daftar e-mail untuk info terbaru

Mei 2016, Delegasi Vukovar ke Banda Aceh Jajaki Peluang Kerja Sama

  • Mei 2016, Delegasi Vukovar ke Banda Aceh Jajaki Peluang Kerja Sama
  •  

    Zagreb – Pada Mei 2016 mendatang, delegasi dari Kota Vukovar, Kroasia, yang terdiri dari pejabat pemerintahan dan para pengusaha Vukovar direncanakan akan bertandang ke Kota Banda Aceh untuk menjajaki peluang-peluang kerja sama antar kedua kota. 

    Hal itu disampaikan oleh Dubes RI untuk Kroasia Agus Sardjana pada acara silaturahmi dengan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE di Kantor KBRI Zagreb, Kroasia, Kamis (29/10/2015).

    Kunjungan mereka nantinya juga sebagai balasan dari kedatangan Ibu Illiza dan rombongan ke Vukovar. Selain itu, dalam waktu dekat rencananya pihak University of Zagreb (UoZ) juga akan berkunjung ke Universitas Syiah Kuala Banda Aceh,” kata Agus.

    Sebelumnya, dalam rangkaian lawatannya ke Kroasia, Wali Kota Illiza dan Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah SIKom beserta sejumlah pejabat Pemko Banda Aceh telah berkunjung ke beberapa kota di Kroasia yakni Vukovar, Zagreb, Split dan Zadar.

    Pada Senin (26/10) lalu, dengan disaksikan langsung oleh Dubes Agus Sardjana, Illiza dan Wali Kota Vukovar Ivan Penava telah menandatangani Letter of Intent (LoI) guna membangun suatu hubungan kerja sama dan persahabatan antar kedua kota.

    Atas dasar prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan, kerja sama ini nantinya akan dijabarkan lebih lanjut melalui sebuah Memorandum of Understanding (MoU) untuk membangun sebuah hubungan sister city (kota kembar).

    Menurut Illiza, pertemuan dirinya hari ini dengan Dubes RI untuk Kroasia guna memantapkan atau mem-follow up rencana kerja sama kota kembar Banda Aceh-Vukovar. “Kami berharap dukungan dari Duta Besar untuk mempercepat proses realisasi kerja sama antara kedua kota,” katanya.

    Kami berharap pula, semoga kerja sama kota kembar Banda Aceh-Vukovar nantinya dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, seperti dalam program pertukaran pelajar/mahasiswa, penanaman modal/investasi oleh pengusaha, serta pengembangan sektor pariwisata,” kata Illiza.

    Dijadwalkan, dari Kantor KBRI Kroasia, Illiza dan rombongan akan menuju ke Zagreb International Airport untuk kembali ke tanah air sekira pukul 10.00 waktu setempat. Selama lima hari kunjungan kerjanya di Kroasia, Illiza turut didampingi oleh Asisten Adminstrasi Umum Setdako Banda Aceh M Nurdin SSos, Kadis PU Ir Samsul MSi dan Kadinkes dr Media Yulizar MPh. (Jun)