Daftar e-mail untuk info terbaru

Penutupan LPI, Illiza: Sepakbola Olahraga Yang Bisa Mendidik Karakter Para Pelajar

  • Penutupan LPI, Illiza: Sepakbola Olahraga Yang Bisa Mendidik Karakter Para Pelajar
  •  

    Banda Aceh - Tim Sepakbola SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh berhasil mempertahankan gelar juara ajang Liga Pendidikan Indonesia (LPI) dan berhak atas Piala Bergilir Wali Kota Banda Aceh.

    Pada babak final LPI Banda Aceh 2015 yang digelar di Stadion Mini Gampong Lambhuk, Kamis (8/10/2015) sore tadi, Tim Tunas Bangsa yang dimotori oleh M Rizki Cs melesakkan tiga gol tanpa balas ke gawang Tim SMAN 7 Banda Aceh.

    Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE bersama Wakil Wali Kota Drs Zainal Arifin ikut menyaksikan langsung pertandingan pamungkas LPI Banda Aceh 2015 tersebut. Terlihat hadir pula di kursi undangan antara lain Ketua Komisi D DPRK Farid Nyak Umar dan sejumlah kepala sekolah SMP/SMA se-Banda Aceh.

    Bermain dengan tempo tinggi, Tunas Bangsa sudah unggul dua gol pada babak pertama yang dicetak oleh M Angkasa dan T Mirza. Memasuki babak kedua, anak-anak SMAN 7 yang mencoba mengejar ketinggalan malah kebobolan satu gol lagi lewat kaki striker Tunas Bangsa, Fikri. 

    Sepanjang pertandingan, teriakan yel-yel dari seribuan supporter kedua tim terus menggema dari atas tribun penonton. Skor 3-0 untuk kemenangan Tunas Bangsa bertahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

    Kemenangan Tunas Bangsa semakin lengkap karena dua pemain andalan mereka yakni M Rizki dan M Angkasa yang masing-masing menyabet predikat best player dan top score turnamen sepakbola antar pelajar yang digelar Disdikpora Banda Aceh tersebut.

    Sebagai kampium, selain mendapatkan piala bergilir, tropi dan piagam penghargaan, anak-anak Tunas Bangsa juga berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 5 juta yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Illiza pada seremoni penutupan turnamen yang telah bergulir sejak 7 September itu.

    Plh Kadisdikpora Banda Aceh Drs T Angkasah dalam laporannya menyebutkan LPI merupakan salah satu wahana untuk mempererat tali persaudaraan guna mewujudkan rasa nasionalisme sekaligus membentuk karakter para pelajar.

    Menurutnya, LPI tahun ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah maupun pelajar yang dibuktikan dengan keikutsertaan 44 tim dalam turnamen yang menggunakan sistem ½ kompetisi ini. “44 tim yang ikut ambil bagian terdiri dari 20 tim untuk tingkat SMP/sederajat dan 24 tim SMA/sederajat.”

    “Untuk Juara I, II, III dan IV berhak atas tropi, piagam dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 5 juta, Rp 4 juta, Rp 3 juta dan Rp 2 juta. Selain itu, kami juga memberikan hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak,” katanya.

    Sementara itu, Wali Kota Illiza dalam sambutan singkatnya saat menutup turnamen, mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya melihat para pemain yang tetap menjaga auratnya selama pertandingan dengan memakai kaos kaki hingga menutupi lutut.

    Ia juga mengungkapkan rasa bangganya kepada para pemain yang bisa bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan. Kata Illiza, sepakbola merupakan olahraga yang bisa mendidik karakter para pelajar. 

    “Kepada tim yang menang, Bunda harap jangan terlalu berbangga hati dan cepat puas. Terus tingkatkan prestasi. Kepada tim yang belum beruntung, terus berusaha, dan tetap semangat untuk memberikan yang terbaik. Dan yang paling penting tetap jaga ibadahnya ya,” pesan Illiza.

    Berikut daftar lengkap pemenang LPI Banda Aceh 2015:

     

    Tingkat SMA/sederajat

     

    Juara I SMAN 9

    Juara II SMAN 7

    Juara III SMAN 11

    Juara IV SMKN 2

     

    Pemain Terbaik: M Rizki (SMAN 9)

    Topskor: M Angkasa (SMAN 9)

     

    Tingkat SMP/sederajat

    Juara I SMPN 10

    Juara II SMPN 2

    Juara III MTsN 2

    Juara IV SMP Inshafuddin

     

    Pemain Terbaik: M Khairul (SMPN 10)

    Topskor: Rahmat (SMPN 2)

    (Jun)