Daftar e-mail untuk info terbaru

Ini 5 Poin Instruksi Wali Kota Banda Aceh Terkait Fenomena Kabut Asap

  • Ini 5 Poin Instruksi Wali Kota Banda Aceh Terkait Fenomena Kabut Asap
  •  

    Jakarta - Terkait fenomena kabut asap yang mulai menyelimuti Banda Aceh sejak Sabtu (19/9/2015) siang tadi, Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE mengeluarkan instruksi khusus terkait upaya penanggulangan/antisipasi atas kejadian tersebut.

    Berikut isi lengkap ke-5 poin Instruksi Wali Kota Banda Aceh dimaksud:

    1. Kepada masyarakat yang berdomisili di Banda Aceh, untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi kondisi alam ini, Hasil koordinasi kami dengan BMKG Aceh, kabut asap berasal dari kiriman provinsi tetangga Sumatera Selatan dan sebagian dari Pulau Kalimantan yang tiba ke Banda Aceh karena dibawa berdasarkan arus arah mata angin. 

    2. Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan dan akan dibantu oleh beberapa dinas terkait insha Allah akan membagikan masker pelindung untuk warga yang ada di Banda Aceh guna menjaga sterilisasi oksigen pada saat kita melakukan pernafasan.

    3. Kepada seluruh pengendara kendaraan di Banda Aceh diharapkan untuk menyalakan lampu kendaraannya pada siang hari agar terhindar dari hal-hal yang tadak diinginkan (kecelakaan) dan mengatur ritme kecepatan kendaraannya untuk menjaga ketertiban lalu lintas. Patuhilah segala rambu-rambu di jalan raya dan kode lampu Traffic Light.

    4. Kepada ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki bayi dan anak di bawah umur 
    lima tahun, untuk menjaga sterilisasi karena bayi dan anak-anak mudah terkena infeksi saluran pernafasan dan jika tidak ada hal yang urgent, diharapkan untuk tidak melakukan aktifitas di luar rumah demi kesehatan yang stabil bagi anak-anak kita. 

    5. 
    Kepada masyarakat Kota Banda Aceh, Selamat Beribadah Qurban dan menjaga untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik pada 3 Hari Tasriq karena sebagaimana kita ketahui saudara-sauda kita sedang melaksanakan Ibadah haji di Mina,. Dan terakhir saya mewakili Pemko Banda Aceh meminta Maaf Lahir dan Batin atas segala kesalahan dan keterbatasan kami serta kesilapan yang tak tersengaja. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dalam nikmat iman dan islam. Insha Allah saya akan menjadi salah satu narasumber dalam suatu acara di United State of America (USA) dan Saya akan berlebaran Idul Adha 1436 H di sana. Mohon Doa kepada saya untuk tetap sehat dalam menjalankan tugas atas amanah yang saya emban. 

    Hasbunallah Nikmal Wakil, Nikmal Maula Wanikman Nashir, Wahdina Ila Shiratim Mistaqim. 


    Jakarta, 19 Sep
    tember 2015.


    Wali 
    Kota Banda Aceh
    Hj. Illiza Sa
    'aduddin Djamal, S.E

     Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini Wali Kota Illiza tengah berada di Jakarta dalam rangka mengikuti Simposium Nasional Detiknas mengenai Teknologi Tepat Guna. Selanjutnya, ia akan bertolak ke New York untuk menghadiri The Global Taskforce of Local Governments sebagai bagian dari The UN Sustainable Development Summit pada 25-27 September mendatang. (Arp/Jun)