Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza Terpilih Sebagai Ketua Komite Perempuan UCLG Asia Pasific

  • Illiza Terpilih Sebagai Ketua Komite Perempuan UCLG Asia Pasific
  •  

    Wakatobi – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE terpilih sebagai Ketua Komite Perempuan United Cities and Local Goverment Asia Pasifik (UCLG-ASPAC). Terpilihnya Illiza sebagai chair of the standing on women UCLG ASPAC didasarkan pada persetujuan dari para peserta dan Biro Eksekutif dalam Forum UCLG-ASPAC sesi ke dua yang digelar, Minggu (2015/06/09). Terpilihnya Illiza diumumkan langsung oleh General Secretary of UCLG Aspac, Ms Bernadia Irawati Tjandradewi.

    176 Gubernur, Walikota/Bupati se Asia Pasific hadir di forum ini, diantaranya, Walikota Guangzhou, Tiongkok Chen Jianhua, Gubernur Jeju, Korea Selatan, Wong Hee-ryong, Walikota Hamamatsu, Jepang. Dari dalam negeri, selain Bupati Wakatobi, hadir juga Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, Walikota Tangerang dan Walikota Salatiga serta ratusan Kepala Daerah lainnya di Indonesia.

    Di UCLG, terdapat beberapa komite, salah-satunya komite perempuan yang lebih fokus pada pemberdayaan perempuan yang terus didorong dalam rangka memenuhi kuota 25 persen perwakilan perempuan di kepengurusan UCLG-ASPAC.

    Selain pemilihan Ketua Komite Perempuan, dalam forum ini juga dibahas rencana kerja terhadap isu-isu yang diangkat tentang pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim dunia.

    Terkait dengan pergelaran forum UCLG-ASPAC tahun depan, forum juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk memaparkan  dan kesiapan kota-kota anggota UCLG ASPAC yang bersedia sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan UCLG ASPAC International Meeting selanjutnya.

    Illiza memanfaatkan momentum tersebut untuk mengajukan permohonan Banda Aceh sebagai tuan rumah (UCLG-ASPAC) untuk tahun depan kepada President of UCLG-ASPAC, Won Hee-Ryong,

    Usai terpilih sebagai Ketua Komite Perempuan UCLG-ASPAC, dalam sambutan sngkatnya, Illiza menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.

    Katanya, sebagai salah-satu anggota baru UCLG-ASPAC, dirinya mengharapakan dukungan dan masukan untuk menanggulangi segala permasalahan persamaan gender di dunia, khususnya di antara anggota UCLG-ASPAC. (Arp/Mkk)