Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza Sebut Zakat Tekan Angka Kemiskinan

  • Illiza Sebut Zakat Tekan Angka Kemiskinan
  • Banda Aceh –  Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE optimis penekanan angka kemiskinan dapat dilakukan dengan optimalisasi penerimaan dan penyaluran zakat.

    “Bila dikelola secara profesional, terus semua masyarakat yang berkecukupan memiliki kesadaran menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal, insyaAllah fakir miskin akan semakin berkurang di Banda Aceh,” ujar Illiza optimis, saat menyalurkan zakat senif fakir miskin konsumtif se-Kota Banda Aceh, Kamis (9/10/2015) di Aula Kantor Camat Kutaraja, Banda Aceh.

     Dalam kesempatan ini, Illiza mengungkapakan bahwa Aceh dengan Syariat Islamnya memiliki kekhususan dari daerah lain di Indonesia, yakni, Aceh memiliki Baitul Mal dimana lembaga ini diberikan kewenangan yang luas untuk mengelola zakat untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak sehingga akan membantu perekonomian masyarakat golongan bawah.

    Kepada penerima zakat (Mustahiq) Illiza meminta mereka untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

    “Kemiskinan jangan membuat kita murka kepada Allah, karena dunia ini sejatinya tempat ujian. Ujian harus membuat kita lebih kuat, bukan sebaliknya,” pintanya menyemangati penerima zakat.

     

    Hingga Ramadhan, Telah Salurkan Zakat Senilai Rp. 5,3 M

    Kepala Baitul Mal Banda Aceh Tgk Safwani Zainun SPdI, menyebutkan, hingga bulan Ramadhan 1436 H, pihaknya telah zakat mal sebesar Rp. 5,3 M.

    Seiring dengan meningkatnya penerimaan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS), maka noimal yang diterima oleh para Mustahiq juga ikut meningkat. “Bagi mereka yang fakir kita berikan Rp 800 ribu dan yang miskin Rp 600 ribu. Hingga Ramadhan ini, nilai zakat yang kita salurkan mencapai Rp 5,3 miliar,” katanya. 

     Berikut rincian penyaluran zakat dalam bulan Ramadhan:

    1.    Zakat Miskin Untuk Petugas Kebersihan telah disalurkan sebesar Rp. 369.000.000

    2.    Zakat miskin untuk tuna netra telah disalurkan sebesar Rp. 36.000.000

    3.    Zakat fakir uzur triwulan ke II telah disalurkan sebesar Rp. 575.400.000

    4.    Zakat untu fakir komsumtif telah disalurkan sebesar Rp. 2.073.600.000

     5.    Zakat untuk miskin komsumtif telah disalurkan sebesar Rp. 2.303.400.000. (Arp/Mkk)