Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza : Banda Aceh Kota Ramah Anak Yatim

  • Illiza : Banda Aceh Kota Ramah Anak Yatim
  •  

    Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE mengungkapkan salah-satu prioritas Pemerintah Kota Banda Aceh adalah mewujudkan Kota Banda Aceh sebagai sebuah kota yang ramah dan memberikan perlindungan kepada anak yatim, dimana hal tersebut menjadi salah-satu indikator penting di dalam membangun kota yang Madani. Hal ini disampaikan Illiza pada acara peringatan Hari Yatim Sedunia Islam yang kedua, Kamis (2/7/2015) bertepatan dengan 15 Ramadhan 1436 H di Aula lantai IV, Gedung A, Komplek Balaikota, Banda Aceh.

    Menurutnya, cita-cita ini adalah upaya dalam menindaklanjuti perintah Al-Quran dan hadist Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa menyantuni anak yatim adalah tanggungjawab dan kewajiban semua umat islam. "Allah juga menjanjikan kita segala kebaikan dan beribu kali balasan jika kita melindungi dan mencintai anak yatim,” ujar Illiza.

    dalam kesempatan tersebut, Illiza mengucapkan rasa syukurnya karena telah dapat kembali berkumpul bersama-sama dengan anak-anak yatim untuk saling berbagi dan menyantuni mereka. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat sedikit meringankan dan memberikan kebahagian bagi mereka sama seperti yang dirasakan oleh anak-anak lainnya yang masih memiliki kedua orang tuanya,” kata Illiza.

    Kepada anak yatim, Illiza berpesan harus tetap semangat menjalani kehidupan mereka. Menurutnya, menjadi seorang yatim tidak harus membuat mereka semakin tertinggal, tapi sebaliknya harus bisa lebih berhasil dan selalu menjalankan apa yang Allah cintai agar nantinya dapat bertemu dengan Allah serta ayah dan ibu di surga.

    Pada kesempatan tersebut, Illiza juga menyerahkan santunan khusus kepada sejumlah anak yatim yang mampu menghapal Al-Quran. “Semoga semua anak bunda ini bisa menjadi generasi Qurani, agar nanti bisa memberikan hadiah untuk ayah dan ibu di akhirat kelak.” Pesan Illiza sambil mengusap kepala anak-anak yatim tersebut.

    Luncurkan Tabungan 'Santunan Yatim Banda Aceh'

    Pada Peringatan Hari Yatim Sedunia Islam ini, Illiza juga meluncurkan tabungan 'Santunan Yatim Banda Aceh'. Kata Illiza, peluncuran tabungan khusus untuk anak yatim ini merupakan sebuah gerakan dalam menyantuni anak-anak yatim khususnya di wilayah kota Banda Aceh.

    Kegiatan ini didukung oleh sejumlah lembaga Pemerintah, seperti Baitul Mal Kota Banda Aceh, Baitul Mal Aceh, DinsosnakerBanda Aceh. Selain itu acara ini juga didukung oleh sejumlah NGO dan LSM baik nasional maupun internasional yakni, Rumah Zakat, PKPU, Dompet Dhuafa, Islamic Relief, Muslim Adid, Small Kindness dan Bank Syariah Mandiri.

    Perayaan Hari Yatim kali ini terlihat lebih istimewa karena diisi dengan serangkaian acara, di antaranya penampilan anak-anak yatim Kota Banda Aceh membaca Al Quran, saritilawah, pembacaan puisi dan pidato bahasa Inggris.
     

    Pada kegiatan yang merupakan hasil kerjasama Pemko Banda Aceh dengan OKI dan IDB ini, juga diberikan  paket santunan kepada 250 anak yatim. (Mkk)