Daftar e-mail untuk info terbaru

Ini Pesan Illiza Pada Peringatan Harkonas 2015

  • Ini Pesan Illiza Pada Peringatan Harkonas 2015
  •  

    Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE turut menghadiri Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2015 tingkat Provinsi Aceh yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (19/4/2015).

    Peringatan Harkonas tahun ini yang mengangkat tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk dalam Negeri” dan diikuti oleh ratusan peserta ini, dirangkai dengan sejumlah kegiatan, yakni senam jantung sehat, gerak jalan sehat dan penarikan doorprize.

    Wali Kota Illiza dalam sambutannya mengatakan, walau saat ini Indonesia telah mempunyai Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, namun demikian masih banyak konsumen yang belum memahami hak dan kewajibannya.

    Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya kerugian yang dialami konsumen ketika melakukan transaksi baik di bidang pembiayaan, penggunaan bahan berbahaya pada pangan, pelayanan purna jual, dan lain sebagainya.

    “Konsumen harus bersikap lebih aktif dan berani menyuarakan hak-hak dan kerugian yang dialaminya ketika mengkonsumsi suatu produk,” katanya.

    Illiza kemudian memaparkan empat hak konsumen yang tertuang dalam Pasal 4 UU tentang Perlindungan Konsumen, yakni konsumen berhak:

    1. atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan, dinyatakan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;

    2. memilih barang dan/atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi dan jaminan yang dijanjikan;

    3. atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang/atau jasa; dan

    4. mendapatkan kompensasi, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian.

    Selain memiliki hak, sambung Illiza, konsumen juga harus menyadari kewajibannya yang tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi. “Konsumen berkewajiban membaca atau mengikuti petunjuk informasi, beritikat baik dalam melakukan transaksi, membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati atau mengikuti upaya hukum dalam penyelesaian hukum sengketa secara patut,” katanya. 

    Menurut Illiza, penetapan Harkonas merupakan momentum dan salah satu upaya peningkatan kepedulian kepada para konsumen. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kita dapat mewujudkan Kota Banda Aceh sebagai kota peduli konsumen, yang memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen,” pungkas Illiza.