Daftar e-mail untuk info terbaru

Jadi Juri Kehormatan, Illiza Tes Kemampuan Baca Al-Quran Agam Inong 2015

  • Jadi Juri Kehormatan, Illiza Tes Kemampuan Baca Al-Quran Agam Inong 2015
  •  

    Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE didaulat menjadi juri kehormatan pada malam puncak pemilihan Agam Inong (Duta Wisata) Kota Banda Aceh 2015. Malam puncak ini digelar, Sabtu malam (4/4/2015) di Gedung AAC Dayan Dawod, Unsyiah, Banda Aceh.

    Saat memberikan pertanyaan sebagai juri kehormatan, ternyata Illiza memilih untuk menguji kemampuan baca Al-Quran dari para pinalis Agam Inong.

    “Duta Wisata Aceh khususnya Banda Aceh harus tampil beda dengan duta wisata dari daerah lain. Bukan cuma ganteng dan cantik,  tapi harus menguasai khasanah budaya dan nilai-nilai islami. Bisa baca Al-Quran ga? Ada ayat yang bisa dihapal?,” tanya Illiza kepada salah satu peserta.

    Menurut Illiza, Agam Inong harus menjadi trendsetter bagi para remaja lainnya dengan menonjolkan indentitas keacehan dan melaksanakan perintah dan larangan Allah.

    Selain menguji kemampuan membaca Al-Qur'an, dalam kesempatan tersebut Illiza juga memberikan pertanyaan soal visi Kota Banda Aceh menjadi Kota Madani dan pencanangan Banda Aceh sebagai World Islamic Tourism. Menurut Illiza, Agam Inong sebagai Duta Wisata harus benar-benar memahami dan menguasai seperti apa wisata Islami Banda Aceh yang akan diperkenalkan kepada wisatawan.

    "Wisata islami adalah wisata yang rahmatanlil’alamin. Mari kita sambut tamu yang datang ke kota kita dengan baik, karena peumulia jame adat geutanyoe (memuliakan tamu adalah adat kita),” kata Illiza.

    Tampil sebagai pemenang pada malam puncak Agam Inong Kota Banda Aceh 2015,  Abrar Azhar dan Alvi Chairiah. Abrar dan Alvi Chairiah unggul atas 14 pasangan Agam Inong lainnya yang mengikuti ajang tahunan yang digelar Disbudpar Kota Banda Aceh ini.

    Berikut Daftar Lengkap Pemenang Agam Inong 2015 :

    1. Abrar Azhar dan Alvi Chairiah

    2. Dwi Pragasa Ananda dan Anna Hasanah

    3. Angga Bagastama dan Maghfirah Ramadani

    4. Maulya Ridwan dan Cut Raisa Priliya

    5. Zulfahmi dan Sendy Thasya Utami

    Sementara pasangan favorit pilihan penonton/masyarakat pada pagelaran Agam Inong kedelapan dan sudah digelar sejak 2007 ini adalah Bahrul Anwar dan Khalida. (Jun/Mkk/Arp)