Daftar e-mail untuk info terbaru

Illiza Sebut Layanan Perizinan Online ladang Dakwah

  • Illiza Sebut Layanan Perizinan Online ladang Dakwah
  •  

    Jakarta - Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE mengatakan aplikasi layanan perizinan online yang dibangun pihak Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai ladang dakwah. Hal ini disampaikan Illiza, Selasa (31/3/2015) saat menjadi pembicara pada acara Management Forum dan Bussiness Performance Review BPJS Ketenagakerjaan di Menara Jamsostek Lantai 9, Jakarta.

    "Kami tidak menarik biaya untuk bekerjasama dalam penerapan aplikasi ini. Kami namakan bersifat 'merah putih' alias gratis. Kami ingin menjadikan aplikasi pelayanan perizinan online yang terintegrasi dengan BPJS ketenagakerjaan ini sebagai ladang dakwah kami. Karena kalau fisik dan biaya untuk berdakwah kemana-mana itu terbatas, tetapi melalui aplikasi yang memanfaatkan IT ini bisa sampai kemana-mana," ujar Illiza.

    Terkait kerjasama dengan BPJS, Illiza mengungkapkan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perizinan online yang terintegrasi dengan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan amanah UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
    "Komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh salah-satunya adalah melalui penerbitan layanan perizinan online yang terintegrasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, agar setiap pemohon izin usaha ikut serta melaporkan tenaga kerjanya sehingga secara otomatis memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bekerja," ungkap Illiza.

    Dalam kesempatan tersebut, Illiza juga menceritakan, dimana pada awalnya perizinan di Kota Banda Aceh diterbitkan Secara Manual/konfensional melalui counter-counter dengan peralatan yang ada pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP), upaya tersebut tidak memberikan hasil yang maksimal. Karena itu, pihaknya perlu melakukan upaya yang lebih optimal melalui pemanfaatan Tekhnologi Informasi Komunikasi (TIK) dengan membangun aplikasi perizinan online.

    Didepan para peserta acara ini, Walikota juga menyampaikan bahwa untuk terwujudnya hal ini diperlukan political will dari pemimpin daerahnya. "Pelayanan terhadap masyarakat harus menjadi prioritas Pemerintah" kata Illiza.

    Dalam kesempatan tersebut, Illiza juga memastikan akan terus meningkatkan dan mengembangkan aplikasi ini, yakni, penambahan fitur notifikasi layanan melalui sms gateway, peningkatan kualitas aplikasi perizinan online versi mobile dan peningkatan kualitas layanan aplikasi dengan melakukan kerjasama pembayaran online dengan pihak Perbankan.

    Kepada pihak BBPJS Ketenagakerjaan, Illiza memberikan apresiasi dan berharap terus memiliki konstribusi BPJS dalam Pembangunan Nasional. (Arp/Mkk)