Daftar e-mail untuk info terbaru

Kata Illiza Pada Forum AHL AKKOPSI Peduli Sanitasi

  • Kata Illiza Pada Forum AHL AKKOPSI Peduli Sanitasi
  •  

    Bandung – Walikota Banda Aceh didaulat menjadi moderator pada acara Forum Advokasi dan Horizontal Learning (AHL) AKKOPSI bersama Provinsi peduli sanitasi, Rabu (25/3/2015) yang digelar di Gedung Sate, Bandung. Dalam memandu acara tersebut, Illiza mengatakan bahwa dengan kepedulian kita terhadap sanitasi berarti kita telah mengambil sikap memanusiakan manusia. “Karena sanitasi merupakan hal terpenting dalam siklus kehidupan manusia”  ujar Illiza.

    Katanya lagi, manusia yang berpendidikan tinggi haruslah lebih memiliki visi dan misi yang tinggi juga terhadap perkembangan sanitasi. Gubernur jawa Timur, yang familiar dipanggil Pakde Karwo tampil sebagai pembicara pada acara ini.  Dalam kesempatan tersebut Pakde Karwo memaparkan soal air sungai di Jatim kondisinya yang tercemar karena adanya persoalan pengelolaan limbah.

    Sementara itu, Gubernur jawa Barat, Ahmad Heriawan selaku tuan rumah mengatakan, air merupakan salah satu sumber utama sekaligus elemen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Katanya, tidak ada kehidupan yang baik tanpa adanya air bersih, karena air sumber dari kehidupan sehat. Aher menambahkan, program sanitasi berguna bagi masyarakat agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menular.

    Sementara itu, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, HM Suban menyatakan untuk mnegetahui keamanan pangan, indikator kebersihan dapat dilihat dari adanya binatang lalat. Katanya, salah-satu indikator kebersihan adalah adanya binatang lalat. Biasanya ini yang harus di perhatikan jika ingin mengetahui keamanan pangan dari jajanan pasar.

    Kepada 348 Bupati dan Wali Kota yang menjadi anggota dari Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Subhan menghimbau untuk benar-benar dapat menggerakkan sanitasi agar terwujud di masyarakat. Kegiatan Advokasi dan Horisontal Learning (AHL)-AKKOPSI Bersama Provinsi Peduli Sanitasi ini digelar agar pemerintah daerah dapat saling berbagi informasi terkait sanitasi untuk mencapai target akses menyeluruh sanitasi di tahun 2020 yang dicanangkan pemerintah. (Arp/Mkk)