Daftar e-mail untuk info terbaru

Walikota Luncurkan Sistem Pelayanan Perizinan Online

  • Walikota Luncurkan Sistem Pelayanan Perizinan Online
  •  

    Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh, Senin (9/2) meluncurkan  system pelayanan perizinan online. Layanan yang akan melayani 10 jenis perizinan ini dilaunching oleh Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE di Aula lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh. “Alhamdulillah, hari ini satu lagi inovasi dalam bidang pelayanan publik berhasil kita terapkan melalui Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP) Kota Banda Aceh. Inovasi ini menjadi bukti kegigihan dan komitmen kita bersama di dalam melayani masyarakat khususnya para pelaku usaha yang memiliki peran penting dalam membangun perekonomian di Kota Banda Aceh” ujar Illiza saat memberikan sambutannya.

    Inovasi ini, lanjut Illiza, merupakan bagian dari wujud nyata mimpi Pemerintah Kota dalam menciptakan sistem pelayanan publik yang terpadu dan terintegrasi secara online. “Jika kita melihat kembali kebelakang, 10 tahun yang lalu, kita diberi cobaan yang sangat berat oleh Allah Swt. Namun dibalik bencana tersebut, Allah melimpahkan pula berbagai rahmat dan kesempatan bagi kita untuk bangkit dan menjadi lebih baik. Kasih sayang Allah pula yang telah membawa Banda Aceh sebagai Kota yang berprestasi dan berinovasi” ujarnya.

    Tambah Illiza, 10 tahun yang lalu, Pemko tidak memiliki Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Segala sesuatu dilakukan secara manual dan sangat sederhana. Untuk mengurus izin yang sederhana, pelaku usaha harus melalui banyak pintu dengan prosedur yang tidak terstruktur. Banyak pula yang bingung, bagaimana sebenarnya cara mengajukan izin usaha.

    Kata Illiza, dengan lahirnya inovasi ini, masyarakat yang ingin mengurus izin usahanya tidak perlu bolak-balik ke kantor KPPTSP karena bisa mengurusnya melalui perangkat Komputer atau Laptop dari rumah mereka saja dengan cara mengisi form yang sudah disediakan oleh sistem.

    “Datang ke Kantor hanya sekali saja, saat mengambil surat izinnya yang sudah dikeluarkan oleh KPPTSP” jelas Illiza. Katanya lagi, aplikasi perizinan online ini dibangun oleh aparatur Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menghindari ketergantungan kepada pihak ketiga sebagai bentuk optimalisasi sumber daya manusia dan keuangan. 

    Terintegrasi Dengan BPJS

    sesuai keterangan dari Kepala KPPTSP, Dra Salmiah, rancangan dan bisnis proses dari aplikasi ini ditujukan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan website KPPTSP dan dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengirimkan (mengupload) dokumen persyaratan sesuai dengan jenis perizinan yang diajukan serta dapat mengetahui status dari perizinan tersebut (dalam proses, tinjau lapangan, verifikasi dan selesai) secara realtime.

    “Aplikasi ini terkoneksi dan terintegrasi dengan Aplikasi BPJS, artinya terkoneksi dalam  hal distribusi data pendaftarankepesertaan ketenagakerjaan bagi pelaku usaha yang akan mendaftarkan perizinannya melalui aplikasi perizinan online” jelas Salmiah. Kata Salmiah, aplikasi ini juga memiliki kelebihan dalam hal tracking dan notifikasi status, artinya masyarakat bisa mengetahui status pengurusan apakah masih dalam proses atau sudah selesai melalui perizinan online dengan memasukkan nomor pendaftaran.

    “Saat ini aplikasi ini melayani 10 jenis perizinan, dan kedepan akan kita kembangkan sehingga bias melayani jenis-jenis izin lainnya” ungkap Salmiah. Adapun jenis-jenis izin yang dilayani dalam pelayanan online ini adalah, Izin Gangguan (HO), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Industri (TDI), Izin Trayek, Izin Angkutan Barang, Izin Angkutan Umum dan Izin Pariwisata.

    Turut hadir ratusan pelaku usaha dalam kegiatan peluncuran aplikasi ini. Hadir juga Kepala Kantor Wilayah Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Sumbagut, Edi Syahrial, Dubes Indonesia Untuk Kroasia Agus Sardjana, Sekdakota Banda Aceh Ir Bahagia DiplSE dan sejumlah pejabat jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh. (Arp/Mkk)