Daftar e-mail untuk info terbaru

Buka Turnamen Basket, Illiza Minta Kostum Atlet Lebih Syari

  • Buka Turnamen Basket, Illiza Minta Kostum Atlet Lebih Syari
  • Banda Aceh - Walikota Banda Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE Aceh meminta para atlet yang bertanding di Turnamen Basket Ball Jeumpa Puteh yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Banda Aceh memakai kostum tim yang lebih syari’i dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

    Hal ini disampaikan Illiza saat membuka turnamen basket tingkat SLTA se-Aceh tersebut, Senin (26/1) di Gedung Olahraga (GOR) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh.

    “Islam tidak melarang kita berolahraga, namun bagaimana kita menjadikan olahraga tersebut tidak melanggar syariat, terutama dari sisi kostum pertandingan yang digunakan atlet” ujar Illiza.

    Illiza yang dikalangan pelajar akrab di panggil dengan sebutan ‘Bunda’ ini juga mengingatkan kepada panitia agar saat waktu shalat pertandingan di hentikan sejenak.

    “Oya, satu lagi pesan bunda, tolong saat jam shalat pertandingan dihentikan sejenak. Bunda ucapkan selamat bertanding dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas” ujar Illiza diakhir sambutannya.

    Sesuai keterangan dari Ketua Panitia, Rival Prianda, turnamen ini diikuti oleh 18 tim putra dan putri dari Banda Aceh dan luar Banda Aceh. 

    “Pertandingan kita selenggarakan mulai hari ini, 26 sampai dengan 31 Januari di GOR KONI ini. Total hadiah yang diperebutkan berjumlah Rp 12 Juta dan masing-masing juara juga mendapatkan trophy” kata Rival.

    Sementara itu, Kepala SMAN 1, Khairur Razi berharap turnamen ini akan menjadi kalender tetap yang diselenggarakan tiap tahunnya. Khairur Razi juga berharap turnamen ini jadi ajang lahirnya pebasket-pebasket handal yang akan mengharumkan nama daerah di tingkat Nasional dan Internasional.

    Turut hadir pada pembukaan turnamen ini, Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar (Abu Razak), Kepala Disdikpora Banda Aceh, Syaridin dan Kabidpora Disdikpora Banda Aceh, Hasbi. 

    Pertandingan pertama, berhadapan antara tuan rumah SMAN 1 Banda Aceh berhadapan dengan SMA Darul Ulum. Sesaat sebelum pertandingan dimulai, Illiza, Abu Razak dan Khairur Razi berkesempatan melakukan lemparan kehormatan yang mengarah ke keranjang. (Mkk)